Headlines News :
Home » , , , » Tingkat konsumsi Kopi Rendah, Unej Gelar Pameran Kopi

Tingkat konsumsi Kopi Rendah, Unej Gelar Pameran Kopi

Written By UNEJPos on Senin, 04 November 2013 | 04.16

Salah satu agenda Festival Tegalboto dalam rangka peringatan Deis Natalis Universitas Jember ke 49  adalah Pameran Kopi. Pameran digelar di gedung Sutardjo mulai tanggal 3 sampai dengan 4 November 2013. Pameran diikuti beberapa home Industri Kopi, Pusat penelitian Kopi dan Kakao Jember dan PTPN XII Jember.

Menurut Ketua penyelenggara Pameran , Dr. Dedy Wirawan Soedibyo, Stp, Msi,  pameran bertujuan untuk mempernalkan pada masyarkat mengenai produk kopi yang merupakan salah satu komoditas unggulan Kabupaten Jember. Selain itu pameran ini dijadikan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat mengenai kopi. “Masyarakat itu perlu diberikan pemahaman mengenai kopi agar masyarakat bisa mengetahui cara mengolah kopi yang baik,” ungkapnya

Menurut Dedy edukasi dalam dalam hal kopi perlu dilakukan. Karena selama ini masyarakat kurang begitu mengerti manfaat yang terkandung dalam mengkonsumsi kopi. Tata cara pengolahan kopi terutama pada proses sangrai juga perlu diberikan pemahaman. “Selama ini masyarakat terutama kalangan ibu-ibu dalam prose sangrai, kopi disangrai sampai gosong sehingga bukan kopi yang dinikmati malah karbon kopi,” ungkapnya.

Lebih jauh Dedy berharap pameran produk kopi unggulan ini akan  mampu meningkatkan animo masyarakat domestik dalam konsumsi kopi. Karena sebagai salah satu negara penghasil kopi, tingkat konsumsi masyarakat Indonesia terhadap produk kopi masih berada pada peringkat paling bawah. Hal ini sangat jauh sekali jika dibandingkan dengan masyarakat Amerika. Tingkat konsumsi mereka sudah mencapai 6 Kg tiap penduduk dalam satu tahun. Jumlah konsumsi masyarakat Indonesia terhadap produk kopi masih belum sampai 1 Kg  tiap penduduk dalam setahun.

Produk yang dipamerkan dalam acara ini terdiri dari berbagai jenis kopi mulai dari lanang, kopi robusta, arabica, kupi luwak, dan lainnya. Sementara dari pihak Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember menampilakan peralatan peralatan pengolahan kopi serta road map mengenai penelitian kopi yang sedang mereka kembangkan. Dalam pameran juga ditampilkan bagaimana cara pengolahan kopi mulai dari proses penjemuran, pengsangraian kopi sampai proses pembuatan minuman kopi.


Universitas Jember yang berada di lingkungan kota penghasil kopi,  sedang melakukan pengembangan penelitian terkait kopi agar petani dapat menghasilkan kopi yang lebih baik. Langkah awal yang telah dilakukan oleh Universitas Jember dalam rangka melakukan pengembangan per-kopi-an untuk masyarakat adalah  dengan melakukan riset dan pendampingan petani kopi di desa Sidomulyo. Dan Usaha ini pun telah diakui nasional dengan diberikannya penghargaan MDGs Award pada tahun 2012.  Tidak cukup dengan itu, Universitas Jember juga membantu masyarakat  dengan menyediakan beasiswa bagi anak petani kopi. (MJ,Sr)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Agenda Kampus

Popular Posts

 
Support : AMAI Website Dev | FSUKI UNEJ | Elpasi OPTIMA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. UNEJ POS - All Rights Reserved